4. Pendampingan Bidan Muda untuk Meningkatkan Status Kesehatan Perempuan

YPKP mendampingi bidan muda lulusan program beasiswa angkatan pertama sebanyak 86 orang dan menyelenggarakan beberapa pelatihan bagi mereka untuk meningkatkan keterampilan dan pemahaman bidan lulusan YPKP terutama dalam meningkatkan tanggung jawab remaja dan peran serta laki-laki terkait dengan isu-isu kesehatan reproduksi dan seksualitas.

 

Pelatihan Pendidik Sebaya bagi Remaja

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para bidan muda dalam menyampaikan pengetahuan dan informasi tentang seksualitas dan kesehatan reproduksi kepada sebayanya.  Dalam pelatihan ini, para bidan dibekali dengan teknik komunikasi interpersonal agar mereka mudah dipahami oleh audien-nya.  Selain itu, mereka juga dilatih dalam menggunakan alat peraga secara efektif.  Pada pelatihan ini mareka dibekali alat peraga yang terdiri dari celemek bergambar organ reproduksi, labia dari kain yang dibuat oleh peserta sendiri  serta penis kayu. Materi yang diajarkan berupa cara menyampaikan pada remaja tentang kondisi kesehatan reproduksi remaja secara umum, tumbuh kembang remaja, kehamilan, infeksi menular seksual, kekerasan terhadap perempuan serta narkoba dan zat adiktif. Setelah mendapatkan pelatihan, mereka diminta untuk untuk mempraktekan keterampilan sebagai pendidik sebaya kepada dua kelompok remaja yang terdiri dari 10-12 orang  yang diadakan selama 6-8  kali pertemuan.

 

Pelatihan Kegawatdaruratan Obstetri dan Neonatal serta Kontrasepsi

Pelatihan ini bertujuan untuk menyegarkan pengetahuan dan meningkatkan keterampilan klinis bidan lulusan program YPKP sehingga mampu memberikan pelayanan kesehatan masyarakat, khususnya kesehatan ibu dan anak secara tepat guna dan berkualitas.  Topik-topik pada pelatihan ini meliputi pencegahan infeksi, kegawatdaruratan, penatalaksanaan perdarahan dalam kehamilan, perdarahan postpartum, penanganan pre-eklampsia dan eklampsia, partus macet, penatalaksanaan berat bayi lahir rendah,  pencegahan penularan HIV dari ibu ke anak, manajemen asfiksia bayi baru lahir, kontrasepsi, serta manajemen sistem rujukan ibu dan bayi baru lahir. Pelatihan ini diselenggarakan selama 4 hari dan melibatkan beberapa dosen pengajar di masing-masing Poltekkes.

 

Pelatihan Pelibatan Peran Serta Laki-laki

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para bidan muda dalam menyampaikan isu-isu seksualitas dan kesehatan reproduksi kepada laki-laki, baik yang belum menikah maupun sudah menikah untuk meningkatkan peran serta laki-laki dalam kesehatan seksual dan reproduksi. Dalam pelatihan ini, para bidan dibekali keterampilan bagaimana cara menghadapi & memberikan pengetahuan kepada laki-laki. Hampir sama dengan kegiatan pendidik sebaya pada remaja, pasca pelatihan para bidan juga diminta mempraktikkan pengetahuan dan keterampilannya kepada 20 orang laki-laki.

 

Pelatihan IVA Test (Deteksi Dini Kanker Leher Rahim)

Pelatihan ini diselenggarakan oleh YPKP bekerjasama dengan JNPK (Jaringan Nasional Pelatihan Klinis) selama 3 hari. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan kepada para bidan dalam mendeteksi dini kanker leher rahim dengan menggunakan asam asetat (cuka). Materi pelatihan yang diberikan antara lain besaran masalah dan pencegahan kanker leher rahim, patogenesis dan patofisiologi kanker serviks, pemeriksaan IVA serta praktek dengan model dan klien.

 

© 2017: Yayasan Pendidikan Kesehatan Perempuan | Developed by: ozzynich.com | Powered by Wordpress