AKTIVITAS

  • Pentingnya Pendidikan Seksualitas Komprehensif dan Perlindungan Bagi Perempuan!
  • Bidan Penerima Beasiswa YPKP kini telah mengabdikan diri ke masyarakat
  • Wisudawan penerima beasiswa dari YPKP
  • Salah satu pelatihan untuk calon bidan penerima beasiswa dari YPKP

 

Berikut ini beberapa kegiatan utama YPKP:

1. Pengembangan Modul Dalam Kurikulum D3 Kebidanan

Bersama beberapa LSM perempuan dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI), YPKP mengintegrasikan isu gender, kepemimpinan, dan hak-hak reproduksi ke dalam kurikulum D3 kebidanan dengan mengembangkan 9 modul berikut:

(Selanjutnya)

 

2. Beasiswa D3 Kebidanan untuk Perempuan Termarginal

YPKP menyelenggarakan beasiswa untuk perempuan dengan latar belakang keluarga kurang mampu dari daerah terpencil dan memiliki kekerabatan dengan dukun bayi untuk melanjutkan pendidikan D3 kebidanan di Poltekkes terpilih. Beberapa Poltekkes yang telah bekerja sama dalam program beasiswa YPKP antara lain: Poltekkes Depkes Jakarta III, Poltekkes Bandung, Poltekkes Malang, Poltekkes Jambi, Poltekkes NAD, dan Poltekkes Medan.

Hingga tahun 2014, YPKP telah memberikan beasiswa kepada 227 perempuan dari 17 propinsi di Indonesia dalam 4 periode:

Angkatan 1: 88 orang penerima beasiswa dari 9 propinsi di Indonesia (DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jambi, Bengkulu, Riau, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur). 88 orang diantaranya telah lulus dan 2 orang di drop-out. Penerima beasiswa menempuh pendidikan di Poltekkes Jakarta III, Poltekkes Bandung, Poltekkes Malang, dan Poltekkes Jambi.

Angkatan 2: 2 orang penerima beasiswa dari Sulawesi Selatan (Kepulauan Selayar). Penerima beasiswa menempuh pendidikan di Poltekkes Malang.

Angkatan 3: Pasca gempa tsunami Aceh tahun 2007, YPKP bersama Kapal Perempuan mengadakan program untuk mengembalikan kesejahteraan wilayah yang terkena tsunami untuk ditingkatkan kesehatannya. YPKP membantu mengelola beasiswa pendidikan D3 kebidanan bagi 62 perempuan yang berasal dari Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) dan Sumatera Utara (Sumut). 20 orang penerima beasiswa berasal dari NAD dan 42 orang lainnya berasal dari Sumut. Penerima beasiswa menempuh pendidikan di Poltekkes Aceh dan Poltekkes Medan.

Angkatan 4: 75 orang penerima beasiswa dari 8 propinsi di Indonesia (Sumatera Barat, Bangka Belitung, Bengkulu, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Gorontalo, Nusa Tenggara Timur. Penerima beasiswa menempuh pendidikan di Poltekkes Padang dan Poltekkes Makassar.

(Data kabupaten asal penerima beasiswa YPKP)

 

3. Pelatihan Bagi Dosen Kebidanan

YPKP telah bekerjasama dengan program Diploma 3 kebidanan dari 4 Poltekkes di Indonesia (Jakarta III, Bandung, Malang dan Jambi) untuk mengintegrasikan 9 modul yang dikembangkan YPKP ke dalam kurikulum D3 kebidanan. Pelatihan bagi pengajar diadakan untuk menjamin ketepatan dalam mengaplikasikan modul kepada mahasiswi dan cara mengajar.  Pengajar diharapkan dapat memberikan ilmu dan keterampilan yang dimiliki kepada mahasiswinya sehingga akan melahirkan bidan-bidan yang tidak sekedar mahir dalam hal-hal klinis tetapi juga memiliki sensitivitas gender yang tinggi dengan mempertimbangkan budaya yang ada.

Keberminatan terhadap pelatihan ini juga datang dari akademi-akademi kebidanan lainnya, baik negeri maupun swasta. Hingga tahun 2016, YPKP telah melatih 206 dosen yang berasal 45 akademi bidan, diantaranya adalah:

- Poltekkes Jakarta 3
– Poltekkes Jambi
– Poltekkes NAD
– Poltekkes Ternate
– Poltekkes Denpasar
– Akbid Farama Mulya
– Akbid Al Fathonah
– STIKES Dharma Husada
Bandung
– Akbid RS Islam
– Poltekkes Makassar
– STIKES Sint. Carolus
– STIKES Putra Abadi
Langkat Stabat
– Akbid Banua Bina Husada
Banjarbaru
– Akbid Yayasan Rumah
Sakit Jakarta
– STIKES Bhakti Pertiwi
Indonesia
– Akbid Petro Mandau
Husada Duri Riau
– Akbid Alifah Padang
– Akbid Pelita Andalas
Bukit Tinggi
- Poltekkes Bandung
– Poltekkes Malang
– Poltekkes Medan
– Poltekkes Manado
– Poltekkes Banjarmasin
– STIKES Mitra Ria Husada
– Akbid Prima Indonesia Bekasi
– Akbid YASPEN Tugu Ibu
– Akbid MONA Banda Aceh
– Poltekkes Padang
– Poltekkes Surabaya
– Akbid Pelita Persada
– Akbid Bina Daya Husada
Kisaran
– STIKES Aisyiyah Yogyakarta
– Akbid Abdi Persada
Banjarmasin
– Akbid Abdi Husada Semarang
– Universitas Adi Buana
Surabaya
– STIKES Prima Nusantara
Bukit Tinggi
– STIKES Perintis Sumbar
– STIKES Fort de Kock
Bukit Tinggi

 

4. Pendampingan Bidan Muda untuk Meningkatkan Status Kesehatan Perempuan

YPKP mendampingi bidan muda lulusan program beasiswa angkatan pertama sebanyak 86 orang dan menyelenggarakan beberapa pelatihan bagi mereka untuk meningkatkan keterampilan dan pemahaman bidan lulusan YPKP terutama dalam meningkatkan tanggung jawab remaja dan peran serta laki-laki terkait dengan isu-isu kesehatan reproduksi dan seksualitas.

(selanjutnya)

 

5. Replikasi Modul YPKP

Sejak tahun 2011, empat Poltekkes yang menjadi mitra  YPKP (Poltekkes Jakarta III, Poltekkes Jambi, Poltekkes Bandung, dan Poktekkes Malang) telah melaksanakan program replikasi YPKP. Setiap Poltekkes yang menjadi mitra YPKP diharapkan dapat menjadi pusat informasi dengan melatih sekurangnya 8 akbid lain yang potensial dan memiliki komitmen untuk mengaplikasikan materi pembelajaran yang mereka dapat selama pelatihan ke dalam kurikulum akbid mereka.

Tujuan dari program ini untuk meningkat pengetahuan dan pemahaman dosen terkait isu-isu kesehatan reproduksi dan gender serta dapat mengaplikasikan modul-modul YPKP dengan  tepat.

Di tahun 2014, dua Poltekkes lainnya yaitu Poltekkes Makassar dan Poltekkes Padang turut bergabung dalam program replikasi. Hingga tahun 2016, empat Poltekkes tersebut telah melatih lebih dari 360 dosen dari 107 akademi kebidanan.

© 2017: Yayasan Pendidikan Kesehatan Perempuan | Developed by: ozzynich.com | Powered by Wordpress